Program Inspirasi (Indonesia Piawai Literasi)

Kualitas pendidikan Indonesia kembali mendapatkan sorotan paska pengumuman survei PISA 2018. Sebanyak 79 negara berpartisipasi, (bertambah tujuh negara dari survei tahun 2015) dengan total 600 ribu siswa dari seluruh dunia. Survey yang dirilis Selasa 3 Desember 2019 tersebut mengungkap skor membaca Indonesia ada di peringkat 72 dari 77 negara, skor matematika ada di peringkat 72 dari 78 negara, dan skor sains ada di peringkat 70 dari 78 negara.

Tiga skor itu mengalami penurunan dari survei PISA 2015. Tahun itu, skor membaca Indonesia ada di peringkat 65, skor sains peringkat 64, dan skor matematika peringkat 66.

Tentu ini menjadi sorotan banyak pihak. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun langsung menyikapi dengan mengubah signifikan terkait Ujian Nasional. Ujian Nasional ke depan lebih ditekankan pada penilaian kompetensi minimum dalam bidang literasi, numerasi (matematika), sains serta survei karakter.

Terkait literasi, kami Sekolah Menulis Inspirasi mengajak para insan pendidikan untuk meningkatkan iklim dan kualitas literasi. Karena itu program pelatihan praktis dan berbasis karya harus semakin digalakkan.

Kali ini Sekolah Menulis Inspirasi merilis program “INSPIRASI” yang merupakan akronim dari “Indonesia Piawai Literasi”. Ini adalah program pelatihan menulis opini dan pemuatan opini di media cetak.

Ketentuan program ini adalah :

  1. Terbuka untuk lembaga pendidikan, organisasi profesi, maupun komunitas apapun yang berminat dalam pengembangan literasi
  2. Satu kelompok pelatihan dan pemuatan karya minimal 10 peserta
  3. Akan diberikan pelatihan menulis opini di media kepada para peserta
  4. Tiap karya peserta akan ditayangkan secara bergantian di media cetak resmi minimal berskala regional yang bekerja sama dengan Sekolah Menulis Inspirasi
  5. Logo lembaga pendidikan, organisasi, atau komunitas akan ditampilkan di media cetak
  6. Biaya investasi Rp.200k/peserta

Untuk informasi dan registrasi, sila menghubungi kontak 081.55.4040404

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *